Sunday, February 24, 2013

Berkompromi dengan Hunian Mungil

Membuat taman pribadi di hunian tengah kota kini bukan lagi hal mustahil. Hunian mungil tak berarti sulit memperoleh kenyamanan.
Ya, meski tinggal di dalam apartemen atau di hunian berukuran mungil, keterbatasan ruang dapat diakali dengan berbagai cara. Berikut ini cara berkompromi dengan minimnya ruang untuk membuat taman yang menyenangkan, awet, dan efisien:
Pilih perabot nyaman dan kuat
Salah satu kegunaan utama taman di rumah Anda adalah tempat bersantai. Karena itulah, tempat duduk menjadi unsur penting bagi taman rumah Anda.
Untuk mengisi taman, Anda dapat memilih perabot terbuat dari rotan. Berbeda dengan perabot berbahan besi, kursi rotan tidak akan bertambah panas di bawah terik matahari. Anda dapat duduk dengan tetap nyaman di atas kursi tersebut. Untuk bantalannya, Anda bisa memilih bahan khusus perangkat outdoor yang kuat terhadap paparan sinar matahari dan hujan.
Bangunlah pergola
Anda bisa membuat ruangan lebih teduh dengan pergola. Dengan cara ini, Anda akan lebih terlindung dari sinar ultraviolet.
Selain pergola, Anda juga bisa dianjurkan memasang tirai di sekeliling teras apartemen Anda. Dengan memasang tirai krepyak di sekeliling teras, Anda akan mendapatkan privasi lebih. Selain itu, privasi juga bisa Anda dapatkan dengan menanam bambu, atau menumbuhkan tanaman di pagar Anda.
Dapur kedua
Bagi Anda yang memiliki rumah tapak, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyediakan dapur kedua di teras Anda. Jika memiliki ruangan cukup, Anda bisa melengkapi "dapur kedua" tersebut dengan perkakas BBQ, wastafel, dan meja makan untuk keluarga.
Untuk kebutuhan ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak ruang. Gunakan saja sisa ruang yang ada.
Lanskap yang utuh
Biarkan adanya rumput, tanaman semak, serta bunga hadir di rumah Anda. Meskipun teras berada di atap, keberadaan tanaman justru dapat menurunkan suhu ruangan di bawahnya. Namun, pastikan Anda menyediakan saluran air dan sistem drainase yang baik sebelum menanam rerumputan.
Tanaman pot
Jika ruang benar-benar terbatas, ambil jalan keluar sederhana. Sediakan tanaman-tanaman dalam pot. Anda juga bisa mencoba membuat taman vertikal dengan menggantung pot-pot atau membuat media tanam "berdiri".
Anda bisa memanfaatkan lokasi di sekitar jendela Anda untuk menanam berbagai tanaman, railing atau pegangan di sekitar teras, dan tembok di sekitar rumah Anda.
Anda juga bisa membuat teranium untuk hiasan di dalam rumah. Caranya mudah, carilah wadah kaca, masukkan sekitar 4 cm pasir atau batu ke dasar wadah kaca. Setelah itu, masukkan tanah setinggi beberapa centimeter. Masukkan tanaman-tanaman yang tumbuh dengan lambat, seperti sukulen.
Berikan juga hiasan berupa karakter lego atau mainan lain untuk memberikan "kejutan" unik di dalamnya. Bila tidak yakin akan jenis tanaman yang ingin ditanam, Anda bisa mencoba menanam tanaman bumbu dan obat, terutama bumbu dan obat yang sering Anda gunakan atau untuk memasak. Ini pun tentu lebih efisien secara ekonomi.
Elemen air
Anda bisa memberikan elemen air berupa air mancur mini. Suara percikan air dapat menenangkan pikiran dan jiwa Anda.
Pencahayaan alami
Carilah solusi pencahayaan outdoor yang mudah dan murah. Bila perlu, carilah lampu yang menggunakan tenaga surya. Lampu yang tidak membutuhkan listrik lebih aman dan hemat energi untuk Anda gunakan di luar rumah.
Hiburan outdoor
Cobalah mencari peluang untuk menyediakan hiburan outdoor seperti memasang layar untuk menonton bersama. Di sini, dengan tujuan rileks, Anda bisa menempatkan kursi rotan atau kayu lengkap dengan bantalan empuk.
kompas.com

No comments:

Post a Comment